Madina Berpotensi Jadi Penyumbang Bawang Merah di Sumut

tanaman bawang merah

topmetro.news – Untuk memberikan contoh serta memberikan semangat kepada para petani Kabupaten Madina (Mandailing Natal), Pjs Bupati Madina Ir H Dahler Lubis memanen tanaman bawang merah.

Bawang merah itu sendiri telah ia tanam pada saat baru bertugas ke Kabupaten Madina pada tanggal 27 September 2020 lalu.

Hal ini ia lakukan karena menilai bahwa Kabupaten Madina memiliki potensi yang cukup besar bagi pengembangan bawang merah untuk Sumut. Hasil bawang merah yang ia tanam, dari satu ton bibit untuk lahan seluas satu hektar, ternyata panennya dapat menghasilkan sebanyak 10 sampai 12 ton bawang merah.

Ir H Dahler Lubis saat usai memanen bawang merah di Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat, Selasa (1/12/2020) memaparkan, bawang merah yang dipanen itu diperkirakan berumur 65 hari. Atau dua bulan lebih. Dan mengapa bisa begini, hal itu karena Madina memiliki potensi yang bagus dengan kondisi tanahnya bagus.

Kebutuhan Bawang Merah

“Dengan potensi ini, apabila para petani kita bersungguh-sungguh, kita meyakini nantinya Madina bisa menjadi sebagai salah satu daerah penyumbang bawah merah terbesar Sumut. Karena, hingga saat ini Provinsi Sumut masih kekurangan pasokan bawang merah. Berkisar 25 ribu ton dari kebutuhan 43 ribu ton,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sampai saat ini jumlah yang terpenuhi dari berbagai daerah baru sekitar 18 ribu ton. Dan untuk memenuhi kebutuhan itu, pasokan bawang merah masih harus dari luar daerah Provinsi Sumut. Yakni dari daerah Brebes dan Solok.

“Maka dari itu, guna menutupi kebutuhan tersebut, ke depannya kita dari Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumut akan membuat kawasan-kawasan budidaya tanaman holtikultura. Termasuk bawang merah,” katanya.

Kadis Pertanian Madina Siar Nasution menegaskan, ke depan pihaknya akan melibatkan seluruh kelompok-kelompok tani Kabupaten Madina. Hal itu dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan bawang merah untuk Sumut.

“Guna mencukupi kebutuhan bawang merah di Provinsi Sumut ini, ke depan kita akan segera membuat kawasan-kawasan pertanian di Madina khusus bawang merah, seperti di Desa Runding serta di daerah lainnya,” tandasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment